Magister Ilmu Komunikasi

Program Studi Magister Ilmu Komunikasi dengan gelar (M.Ikom.) menawarkan 4 pilihan konsentrasi, yaitu Manajemen Public Relations, Manajemen Periklanan, Manajemen Media, Manajemen Komunikasi Visual, sampai saat ini peserta (mahasiswa) program studi Magister Ilmu Komunikasi berasal dari alumni maupun peserta umum, baik yang berlatar belakang Pengajar (Dosen), praktisi swasta maupun dari pemerintahan, serta mereka yang baru menyelesaikan strata-1.

Latar Belakang

A

bad XXI merupakan abad informasi dan komunikasi. Globalisasi dan reformasi yang terjadi tidak dapat mencegah masuknya arus informasi dari luar. Apabila disimak dengan seksama, maka telah terjadi arus deras masuk informasi, namun komunikasi keluar dari kita masih kurang kuat.

Kelemahan kemampuan komunikasi tersebut menantang Program Pascasarjana membuka Program Studi Magister Ilmu Komunikasi. Program Studi Magister Komunikasi merancang sistem pendidikan yang dapat menghasilkan tenaga profesional dan kompeten dalam bidang komunikasi, sesuai dengan tantangan jaman.

VISI

Menjadi Salah Satu di antara Lima Program Studi Magister Ilmu Komunikasi Terbaik di Indonesia pada Tahun 2019

MISI

    1. Menyelenggarakan pendidikan Ilmu Komunikasi sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta kebutuhan pengguna lulusan.
    2. Mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas, unggul, profesional dan berintegritas di program studi.
    3. Meningkatkan kualitas pendidikan dan pelayanan kepada mahasiswa program studi.
    4. Mengembangkan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang relevan dengan program studi serta menyebarluaskan hasil-hasilnya kepada masyarakat.
    5. Memperkuat dan mengembangkan jaringan kerjasama kelembagaan yang relevan dengan program studi.

Tujuan

    1. Terwujudnya program studi yang mampu menghasilkan lulusan yang menguasai ilmu Komunikasi sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta terampil dalam penerapan berbagai teknik analisis dan pendekatan Ilmu Komunikasi.
    2. Tersedianya sumber daya manusia yang berkualitas, unggul, profesional, dan berintegritas di program studi.
    3. Terwujudnya sistem pembelajaran dalam suasana akademik yang kondusif dan dinamis.
    4. Meningkatnya kuantitas dan kualitas kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang relevan dengan program studi.
    5. Terciptanya jaringan kerjasama kelembagaan yang relevan dengan program studi.

Sasaran

  1. Visi, misi, dan tujuan program studi dipahami dengan baik oleh seluruh sivitas akademika dan tenaga kependidikan.
  2. Sistem tata pamong, kepemimpinan, sistem pengelolaan, dan penjaminan mutu menunjang tercapainya visi, misi, dan tujuan program studi.
  3. Sistem rekrutmen dan seleksi calon mahasiswa serta layanan kemahasiswaan menghasilkan mahasiswa dan lulusan yang bermutu tinggi.
  4. Sumber daya manusia yang tersedia menjamin mutu penyelenggaraan kegiatan akademik di program studi.
  5. Kurikulum, pembelajaran, dan suasana akademik mendukung tercapainya visi, misi, dan tujuan program studi.
  6. Pengelolaan dana, prasarana-sarana, dan sistem informasi dilakukan secara efektif dan efisien.
  7. Penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan kerjasama menunjang penyelenggaraan dan pengembangan program studi.

Penjurusan / Konsentrasi

  • Public relations,
  • Media
  • Advertising
  • Komunikasi Visual

Prospek Lulusan

  • Magister Ilmu komunikasi yang memiliki kemampuan Analitis-Teoritis-metodologis tingkat lanjut dalam bidang Public relations, Jurnalistik dan Advertising.
  • Magister Ilmu komunikasi yang mampu melihat secara cepat dan tepat kebutuhan aktual dan relevan kegiatan ilmiah di bidang Public relations, Jurnalistik dan Advertising,
  • Magister Ilmu komunikasi yang mampu menghasilkan penelitian dan karya ilmiah yang unggul dan berkualitas.
  • Magister Ilmu komunikasi yang mampu dan terlibat aktif dalam pengembangan Ilmu Komunikasi dalam kegiatan dalam tingkat nasional, regional, maupun global.
  • Magister Ilmu komunikasi yang berwawasan kebangsaaan
  • Magister Ilmu komunikasi yang Profesional dan berkualitas

Biaya Perkuliahan

Tahun Akademik 2017-2018
Pembayaran dengan transfer melalui Bank: BNI CABANG PASAR MAYESTIK
1. atas nama; PROGRAM PASCASARJANA UPDM (B)
Nomor rekening: 400-666-400-3 (Bagi Mahasiswa Baru atau yang belum punya NIM).
2. Untuk Mahasiswa yang sudah mempunyai NIM
Pembayaran melalui BNI Virtual Account : No. Rekening : 988-0112-NIM MHS
atas nama; PROGRAM PASCASARJANA UPDM (B)

Keterangan Beasiswa Alumni Non Alumni
Pembayaran Pertama Setelah diterima 3.000.000 3.000.000 3.500.000
Semester I SPP      
Pembayaran I disaat akan isi KRS 500.000 2.500.000 2.500.000
Pembayaran II Sebelum UTS 2.000.000 3.000.000 3.000.000
Pembayaran III Sebelum UAS 1.000.000 2.500.000 3.000.000
       
Semester II SPP      
Pembayaran I disaat akan isi KRS 2.500.000 2.500.000 2.500.000
Pembayaran II Sebelum UTS 3.000.000 3.000.000 3.000.000
Pembayaran III Sebelum UAS 1.000.000 2.500.000 3.000.000
       
Semester III SPP      
Pembayaran I disaat akan isi KRS 2.500.000 2.500.000 2.500.000
Pembayaran II Sebelum UTS 2.500.000 3.000.000 3.000.000
Pembayaran III Sebelum UAS 1.000.000 2.500.000 3.000.000
Seminar Sebanyak 2x      
Jumlah Biaya Kuliah 19.000.000 27.000.000 29.000.000

Perincian di atas belum termasuk :

  1. Pendaftaran on line (Rp. 300.000,-)
    off line (Rp. 350.000,-)
  2. Biaya Jas Almamater (Rp. 350.000,-),
  3. Biaya Tesis (Rp. 3.000.000,-),
  4. Biaya Wisuda & Ijazah (Tentatif),

Biaya untuk masa studi 4 (empat) semester, apabila melebihi masa studi yang telah ditetapkan, maka akan dikenakan biaya Daftar Ulang dan biaya SKS.